PELATIHAN PEMBUATAN GAME EDUKATIF BAGI SISWA SD NEGERI KANDANGAN 1 MARGODADI SEYEGAN
Kata Kunci:
Gamifikasi, Game Edukatif, Pembelajaran Interaktif, Scratch, MatematikaAbstrak
Perkembangan teknologi digital berdampak besar pada pendidikan, termasuk minat belajar siswa sekolah dasar. Tantangan utama adalah kurangnya ketertarikan terhadap mata pelajaran matematika. Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan meningkatkan minat belajar siswa melalui pelatihan pembuatan game edukatif menggunakan Scratch. Kegiatan ini dilaksanakan di SD Negeri Kandangan 1 Seyegan dengan melibatkan dosen STMIK AMIKOM Surakarta serta guru pendamping. Pelatihan dilakukan dalam dua sesi, mencakup pengenalan aplikasi, konsep dasar pembuatan game, dan praktik langsung. Hasilnya, siswa sangat antusias dan mampu membuat game sederhana berbasis matematika. Kendala seperti keterbatasan komputer diatasi dengan penyediaan laptop tambahan. Program ini diharapkan memotivasi siswa untuk belajar dengan metode yang lebih interaktif serta membuka wawasan mereka terhadap dunia pemrograman.