PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN PERANGKAT KERAS OUTPUT KOMPUTER DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY

Penulis

  • Muhammad Siddiq Al Hafizh Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Arif Dwi Prasetyawan Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Dwi Ratnawati Universitas Teknologi Yogyakarta

Kata Kunci:

Augmented Reality, Media Pembelajaran, Research and Development

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang pengembangan media pembelajaran perangkat keras komputer dengan teknologi Augmented Reality. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berbasis Augmented Reality. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan metode pengembangan 3D. Model penelitian ini memiliki 3 tahap pengembangan diantaranya adalah define, design, dan develop. Proses pengembangan media pembelajaran menggunakan beberapa tools diantaranya adalah CDR X7, Unity, dan Vuforia Enggine. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah media pembelajaran dengan fungsi utama sebagai media belajar peserta didik. Pengujian media pembelajaran berbasis augmented reality ini menggunakan Blackbox testing yang hasil pengujiannya akan dihitung menggunakan rumus Feature Completeness. Hasil perhitungan pengujian menunjukkan hasil dengan nilai 0,8 dimana hal tersebut dapat dinyatakan bahwa media pembelajaran sudah memenuhi syarat dan dapat digunakan.  

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-06