Analisis Sentimen Ulasan Pada Maskapai Penerbangan Virgin America Menggunakan Metode Decision Tree

Penulis

  • Arya Pratama STIMIK AMIKOM SURAKARTA
  • Bayu Rizky Utomo STMIK Amikom Surakarta
  • Naufal Hanan Jati Asmara STMIK Amikom Surakarta
  • Arig Kusuma Jati STMIK Amikom Surakarta
  • Rajnaparamitha Kusumastuti STMIK Amikom Surakarta

Kata Kunci:

Decision Tree, sentimen, Maskapai Penerbangan

Abstrak

Analisis sentimen ini bertujuan untuk mengevaluasi opini publik terhadap layanan maksapai penerbangan dengan menganalisis data ulasan yang dikumpulkan dari ulasan penumpang. Metode yang digunakan mencakup teknik pemrosesan teks dan analisis statistik untuk mengidentifikasi dan mengklasifikasikan sentimen dalam ulasan sebagai positif, negatif, atau netral. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui akurasi dan ulasan pengguna mengenai maskapai penerbangan. Pada penelitian ini menggunakan metode Decision Tree dengan tahapan literature study, pengumpulan data, preprocessing, modeling decision tree dan evaluasi. Hasil pada metode Decision Tree menyatakan bahwa tingkat akurasi pada metode ini sebesar 52,18%. Pada class precision untuk pred. negative 0,00%, untuk pred positive 73,68%  dan pred.negative 51,20%. Pada class recall neutral 0,00%, class recall positive 14,51% dan class recall negative 98,85%.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-13