Modifikasi Boardgame Ular Tangga sebagai Media Edukasi Fauna pada Siswa Kelas 3 SD Negeri Singopuran 03
Kata Kunci:
Boardgame Edukasi, Ular tangga, Fauna, Metode ADDIEAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman hewan pada siswa kelas 3 SD Negeri Singopuran 03 melalui media boardgame edukasi yang ditingkatkan yaitu Permainan Ular Tangga. Metode ADDIE digunakan untuk melakukan penelitian pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran tersebut dapat meningkatkan minat siswa dalam mempelajari dan memahami materi tentang hewan. Berdasarkan kuesioner yang dibagikan kepada 25 siswa, 97,33% siswa memahami aturan main dan berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan berbagai media pembelajaran berbasis permainan dan pembuatan versi digital dari permainan papan tersebut untuk penelitian lebih lanjut. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan alternatif media pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif bagi siswa sekolah dasar.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Amikom Surakarta
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.