Modifikasi Boardgame Ular Tangga sebagai Media Edukasi Fauna pada Siswa Kelas 3 SD Negeri Singopuran 03

Penulis

  • syakara akbar STMIK Amikom Surakarta
  • Ezar Ramadhan STMIK Amikom Surakarta
  • Muhammad Firdaus Al-Farizi STMIK Amikom Surakarta
  • Muhammad Setiyawan STMIK Amikom Surakarta

Kata Kunci:

Boardgame Edukasi, Ular tangga, Fauna, Metode ADDIE

Abstrak

Tujuan  penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman hewan pada siswa kelas 3 SD Negeri Singopuran 03 melalui media boardgame edukasi yang ditingkatkan yaitu Permainan Ular Tangga. Metode ADDIE digunakan untuk melakukan penelitian pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran tersebut dapat meningkatkan minat siswa dalam mempelajari dan memahami materi tentang hewan. Berdasarkan kuesioner yang dibagikan kepada 25 siswa, 97,33% siswa memahami aturan main dan berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan berbagai media pembelajaran berbasis permainan dan pembuatan versi digital dari permainan papan tersebut untuk penelitian lebih lanjut.  Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan alternatif media pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif bagi siswa sekolah dasar.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-16