Perancangan UI/UX Sistem Pemesanan Buket Menggunakan Figma
Kata Kunci:
Buket, Figma, Teknologi, UI/UX, User Centerd DesignAbstrak
Perkembangan teknologi telah mepengaruhi banyak bisnis beralih dari sistem manual ke sistem berbasis Web untuk meningkatkan efisiensi operasional. Salah satunya adalah bisnis buket, yang saat ini masih banyak menggunakan metode manual dalam proses pemesanan, seperti pemesanan melalui pesan teks atau panggilan telepon, sehingga sering kali mengalami kendala dalam pencatatan, respon yang lambat, dan kesalahan pesanan produk. Penelitian ini bertujuan untuk merancang antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) yang berulang dan menarik pada sistem pemesanan buket, dengan menggunakan perangkat lunak desain Figma. Melalui pendekatan user-centered design, penelitian ini menciptakan sistem yang efisien, dan mudah diakses baik oleh pelanggan maupun pengelola toko. Metode desain yang digunakan mencakup analisis kebutuhan pengguna, pembuatan kerangka kerja (wireframe), serta prototipe yang diuji coba secara berulang. Hasil dari perancangan ini adalah prototipe aplikasi pemesanan buket yang memudahkan pelanggan untuk melihat katalog, melakukan pemesanan, dan melakukan pembayaran secara online, serta memberikan pengelola toko akses untuk mengelola pesanan dan inventaris secara lebih akurat. Sistem ini diharapkan dapat meningkatkan pengalaman pengguna dalam proses pemesanan buket serta membantu meningkatkan produktivitas dan akurasi dalam manajemen pesanan.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Amikom Surakarta
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.