TANTANGAN, FAKTOR DAN STRATEGI DALAM PENERAPAN E-COMMERCE : SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW
Kata Kunci:
E-Commerce, Indonesia, Systematic Literature ReviewAbstrak
E-Commerce merupakan salah satu teknologi untuk aktivitas belanja secara online. Negara Indonesia menjadi peluang untuk melakukan penerapan E-Commerce dengan pertumbuhan pengguna internet yang semakin tinggi. Beberapa literatur penelitian telah membahas tantangan dan faktor dalam mengadopsi E-Commerce. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini ialah untuk mendapatkan hasil terkait tantangan, faktor dan strategi penerapan E-Commerce di Indonesia dari literature pada tahun 2018-2023. Penelitian ini menggunakan metode penelitian SLR (Systematic Literature Review) serta pendekatan PRISMA. Terdapat 15 literature yang melalui langkah-langkah review dan berhasil menjawab beberapa pertanyaan penelitian. Hasilnya beberapa penelitian tidak selalu menghubungkan tantangan, faktor dan strategi dalam mengadopsi E-Commerce dengan teknologi informasi, ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian.