Perancangan Desain Aplikasi Penjualan Aksesoris Menggunakan Metode Double Diamond (Studi kasus: Goodness Gems)
Kata Kunci:
Aksesoris, Online, Offline, Aplikasi Penjualan, Double diamond, prototype, Blackbox ai, Uji CobaAbstrak
Penelitian ini membahas mengenai pentingnya penampilan, khususnya peran aksesoris sebagai penunjang karakter dan kesan seseorang. Meningkatnya permintaan aksesoris di pasaran mendorong persaingan ketat antar pengusaha, baik dalam penjualan online maupun offline. Di era digital saat ini, pemanfaatan teknologi, khususnya aplikasi berbasis smartphone, menjadi sangat penting bagi para pengusaha aksesoris untuk dapat bersaing dan mengikuti perkembangan tren. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi penjualan aksesoris yang modern dan mudah diakses, sehingga dapat membantu pengusaha dalam memasarkan produknya secara efektif dan memberikan pengalaman yang optimal bagi pengguna. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Double diamond, yang meliputi empat tahap utama: Discover, Define, Develop, dan Deliver, guna memastikan desain aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan pasar dan teknologi terkini. Pada perancangan desain penjualan aksesoris memaparkan berbagai halaman yang dirancang seperti halaman utama, beranda, profil, kategori, keranjang, pengiriman, pembayaran, rincian order dan alur jalannya sebuah prototype, mulai dari daftar/masuk hingga rincian order. Pada perancangan ini, peneliti melakukan ujicoba dengan menggunakan blackbox ai, guna mendapatkan hasil yang akurat dan dapat membandingkan aplikasi penjualan aksesoris ini layak atau tidaknya digunakan oleh pengguna. Pada penelitian ini, dinyatakan bahwasanya perancangan desain aplikasi penjualan aksesoris memiliki hasil uji coba dengan rata rata keseluruhan 80% dan dinyatakan layak digunakan oleh pengguna.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Amikom Surakarta
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.