Evaluasi Desain Antarmuka Boardgame Ludo sebagai Edukasi Pembelajaran siswa SD Negeri 3 Ngabeyan
Kata Kunci:
Game Edukasi, Digital, Ludo, Permainan, Belajar, PengetahuanAbstrak
Permainan Ludo Edukasi merupakan inovasi dari permainan Ludo tradisional yang dikembangkan khusus untuk mendukung proses pembelajaran siswa sekolah dasar (SD) secara interaktif dan menyenangkan. Berbeda dengan Ludo biasa, permainan ini mengintegrasikan elemen pendidikan dengan hiburan, memungkinkan siswa untuk mempelajari mata pelajaran seperti Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), serta Matematika. Dalam setiap giliran, pemain dihadapkan pada tantangan atau pertanyaan terkait salah satu mata pelajaran tersebut, sehingga siswa tidak hanya bersaing untuk memenangkan permainan, tetapi juga memperkaya pengetahuan mereka melalui pengalaman belajar yang menyenangkan. Permainan ini, yang diberi nama Bedo singkatan dari “Belajar Bersama Ludo”, diuji coba di SD Negeri 03 Ngabeyan, Jawa Tengah. Berdasarkan hasil angket dari siswa, Bedo mendapatkan nilai rata-rata 4,5 dari skor maksimal 5, menunjukkan bahwa permainan ini diterima dengan sangat baik sebagai alat bantu pembelajaran yang efektif. Selain versi fisik, permainan ini juga dirancang dalam bentuk digital untuk memungkinkan siswa belajar dan bermain kapan saja dan di mana saja.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Amikom Surakarta
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.