Pengembangan Desain UI/UX Toko Online Urban Batik Society Berbasis Design Thinking

Penulis

  • Arum Purbaningrum STMIK Amikom Surakarta
  • Kharisma Silvi Amalia STMIK Amikom Surakarta
  • Syarla Shalsabilla Putri Rachmawati STMIK Amikom Surakarta
  • Indrawan Adi Saputro STMIK Amikom Surakarta

Kata Kunci:

antarmuka pengguna, batik, design Thinking, e-commerce, pengalaman pengguna, budaya

Abstrak

Penjualan batik di era digital berkembang pesat melalui e-commerce, yang memperluas akses ke produk budaya Indonesia. Penelitian ini bertujuan merancang UI/UX untuk toko online Urban Batik Society menggunakan pendekatan Design Thinking yang mencakup tahap Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain UI/UX yang mengintegrasikan elemen budaya batik, seperti motif dan warna khas, meningkatkan kenyamanan dan ketertarikan pengguna dalam berbelanja daring. Pengujian Blackbox Testing menunjukkan prototipe efektif, mudah dinavigasi, dan sesuai dengan preferensi pengguna. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi nilai budaya dalam desain UI/UX memperkuat identitas budaya dan meningkatkan pengalaman berbelanja emosional

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-13