Rancang Bangun UI/UX Sistem Informasi Pelayanan Masyarakat pada Dinas Sosial Kabupaten Oku Berbasis Web

Penulis

  • Hafiz Akbar Falah UIN Raden Fatah Palembang

Kata Kunci:

Design Thinking, Pelayanan Masyarakat, Sistem Informasi, Website

Abstrak

Pelayanan masyarakat merupakan layanan yang disediakan oleh lembaga pemerintahan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan membantu memudahkan masyarakat untuk kepentingan publik, seperti perizinan dan lainnya. Di Dinas Sosial OKU terdapat pelayanan publik yang masih menggunakan prosedur manual dan belum memanfaatkan kemajuan teknologi informasi yang adaAntarmuka pengguna dirancang agar teknologi tersebut mudah digunakan. Sebuah situs web yang memiliki antarmuka pengguna dan pengalaman pengguna yang baik akan menarik pengunjung ke situs tersebut, tetapi situs web yang memiliki antarmuka pengguna dan pengalaman pengguna yang buruk akan membuat pengunjung merasa tidak nyaman dan meninggalkan situs web tersebut. Untuk membuat prototype antarmuka, aplikasi Figma digunakan untuk membuat desain UI/UX untuk website pelayanan masyarakat dinas sosial. Teknik yang digunakan untuk membuat desain ini adalah metode Design Thinking, yang terdiri dari lima tahapan yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan test.Hasil dari penelitian ini adalah desain antarmuka pengguna (UI/UX) yang ramah pengguna untuk website pelayanan masyarakat Dinas Sosial OKU, yang dapat meningkatkan kenyamanan dan efisiensi pengguna dalam mengakses layanan

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-14