Perancangan Antarmuka Board Game Ular Tangga Sebagai Media Edukasi Literasi Untuk Siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Daleman
Kata Kunci:
Permainan Papan, Ular Tangga, Pendidikan Literasi, Desain Antarmuka, DigitalAbstrak
Ular Tangga adalah permainan papan tradisional yang terkenal dengan aturan sederhana dan daya tariknya. Penelitian ini bertujuan untuk memodifikasi desain antarmuka permainan Ular Tangga menjadi media edukasi literasi yang menarik dan interaktif bagi siswa SD Negeri 1 Daleman. Permasalahan yang diangkat adalah kurangnya alat pembelajaran yang efektif dan menyenangkan untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa. Dalam penelitian ini, desain ulang dilakukan dengan menambahkan fitur permainan baru dan konten edukasi berbasis literasi sesuai kurikulum kelas 5 SD. Efektivitas permainan dinilai melalui pengujian pre-test dan post-test, serta umpan balik dari siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modifikasi ini mampu meningkatkan hasil belajar dan keterlibatan siswa secara signifikan, serta mendorong interaksi sosial yang positif. Penelitian ini menggarisbawahi potensi adaptasi permainan tradisional menjadi alat pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan, dengan peluang pengembangan lebih lanjut melalui integrasi teknologi digital.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Amikom Surakarta
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.