Perancangan UI/UX Platform Penjualan Digital untuk UMKM Mari Snack

Penulis

  • Muhammad Fauzan Irwansyah STMIK Amikom Surakarta
  • Fikri Abdurrahman Al-Anshari STMIK Amikom Surakarta
  • Mario Dwi Satria Nugraha STMIK Amikom Surakarta
  • Indrawan Ady Saputro STMIK Amikom Surakarta

Kata Kunci:

desain UI/UX, e-commerce, pengalaman pengguna, platform digital, UMKM

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk merancang desain UI/UX platform penjualan digital yang ditujukan untuk UMKM Mari Snack dalam rangka meningkatkan pengalaman pengguna dan memperluas jangkauan pasar. Platform ini dirancang agar pelanggan dapat dengan mudah memesan jajanan pasar secara online, dengan fitur-fitur yang mendukung kemudahan akses dan pengelolaan produk oleh admin. Penelitian ini menggunakan metode rekayasa kebutuhan, yang terdiri dari identifikasi kebutuhan, analisis kebutuhan menggunakan diagram use case diagram, perancangan prototipe dalam bentuk wireframe dan desain antarmuka, serta pengujian desain UI kepada pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain antarmuka platform e-commerce untuk UMKM Mari Snack menyediakan kemudahan navigasi, aksesibilitas, dan efisiensi pengelolaan produk.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-14