APLIKASI PENGENALAN RUMAH ADAT JAWA DAN BALI BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Sang Ayu Putu Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Ahmad Wafal Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Oktavia Hardiyantari Universitas Teknologi Yogyakarta

Kata Kunci:

Rumah adat, Augmented Reality, Media Pembelajaran

Abstrak

Aplikasi Pengenalan Rumah Adat Jawa dan Bali Berbasis Augmented Reality adalah inovasi media pembelajaran yang bertujuan mengajarkan anak-anak sekolah dasar tentang warisan budaya Indonesia, khususnya rumah adat Jawa dan Bali, melalui pengalaman interaktif dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality. Aplikasi ini memungkinkan anak-anak untuk menjelajahi dan memahami berbagai jenis rumah adat secara visual dalam dunia nyata mereka dengan bantuan smartphone atau tablet. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan informasi edukatif, seperti penjelasan dan ciri khas rumah adat, serta menyediakan elemen evaluasi untuk memastikan pemahaman yang mendalam. Seiring berjalannya waktu masyarakat mulai beralih dari penggunaan rumah adat, baik di kota sampai di desa banyak penduduk yang sudah mulai beralih ke rumah yang lebih modern. Sehingga Anak-anak pada jaman sekarang hampir tidak mengenal bentuk dan nama rumah adat. Aplikasi ini memiliki manfaat dalam mempromosikan budaya Indonesia kepada generasi muda, meningkatkan minat mereka dalam pembelajaran budaya dan sejarah, dan bisa dimanfaatkan oleh pengajar sebagai alat pendukung pengajaran yang menarik.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-08