PERANCANGAN EDUBOARD LUDO UNTUK MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Authors

  • Irhas Safaat STMIK Amikom Surakarta
  • Radhistya Krisna Ramadhan STMIK Amikom Surakarta
  • Nugroho Adi Putro STMIK Amikom Surakarta
  • Muhammad Setiyawan STMIK Amikom Surakarta

Keywords:

education, mathematics, board games

Abstract

Pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk generasi masa depan yang kompeten,  kreatif, dan  berdaya  saing.  Namun,  tantangan  yang  dihadapi  adalah kurangnya minat dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran, terutama dalam mata pelajaran sulit seperti matematika. Untuk mengatasi masalah ini, penggunaan board game  dalam  pembelajaran  matematika  menjadi  salah  satu  cara  yang  menarik  dan efektif. Board game menyajikan pengalaman belajar yang interaktif dan menyenangkan, memicu  minat  siswa,  meningkatkan  pemahaman  konsep  matematika,  serta mengembangkan  keterampilan  pemecahan  masalah  dan  kreativitas.  Melalui pendekatan  inovatif  ini,  diharapkan  minat  siswa  terhadap  matematika  meningkat, kualitas  pendidikan  di  tingkat  dasar  ditingkatkan,  dan  generasi  muda  yang  siap menghadapi  masa  depan  dapat  terbentuk.  Penelitian  ini  berkontribusi  dalam pengembangan metode pembelajaran yang inovatif dan efektif di tingkat pendidikan dasar,  memberikan  alternatif  menarik  untuk  meningkatkan  kualitas  pendidikan  dan membentuk generasi muda yang kompeten.

Published

2024-01-08

Issue

Section

Articles