IMPLEMENTASI CHATGPT-OPENAI SEBAGAI INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE BAGI TENAGA PENDIDIK DI ERA SOCIETY 5.0

Authors

  • Sekreningsih NIta Universitas PGRI Madiun
  • Eka Resty Novieta Sari STMIK Amikom Surakarta
  • Jovanza Denis Aldida STMIK Amikom Surakarta

Keywords:

Artificial Intelligence, ChatGPT, NLP, Media Pembelajaran

Abstract

Artificial Intelligence (AI) dengan ChatGPT merupakan teknologi mesin  berbasis kecerdasan buatan yang dilatih untuk bisa menirukan percakapan manusia menggunakan teknologi NLP (Natural Language Processing). ChatGPT dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan suatu tulisan yang cukup ilmiah, bahkan buku dengan teknik perumusan yang baik dan efektif. Dengan menggunakan teknologi Open AI sangat membantu untuk tenaga pendidik di Indonesia, dalam ber-inovasi membuat media pembelajaran dan perangkat pembelajaran antara lain dapat meningkatkan kemampuan menulis (buku) dan membuat RPS (Rancangan Pembelajaran Semester) bagi tenaga pendidik terutama di kampus dalam mencapai  Tri Dharma Perguruan Tinggi meliputi pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperjelas peran AI dalam dunia pendidikan dan metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Hasil eksperimen yang dilakukan menggunakan ChatGPT dapat menghasilkan tulisan sebanyak + 693 kata yang mana hasilnya masih bisa dikembangkan lebih lanjut oleh pendidik. Kecepatan waktu hanya memerlukan + 5-7 menit untuk menyelesaikan eksperimen ini dan sudah termasuk waktu untuk mendokumentasikan hasil pemrosesan dari ChatGPT. Manfaat utama penggunaan chatGPT dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam proses pembelajaran serta dapat memajukan kualitas pembelajaran dalam dunia pendidikan di di era Society 5.0.

 

Published

2023-12-07

Issue

Section

Articles