PERANCANGAN PUSAT PELAYANAN INFORMASI HAJI DAN UMRAH BERBASIS ANDROID

Authors

  • Defri yandi uin raden fatah palembang
  • Imamulhakim Syahidputra UIN Raden Fatah Palembang

Keywords:

sistem;, pelayanan haji umrah;, Waterfall, praktek kerja lapangan

Abstract

 Pusat pelayanan informasi Haji dan Umrah adalah lembaga atau entitas yang menyediakan berbagai informasi dan layanan terkait perjalanan ibadah Haji dan Umrah. Praktek kerja lapangan (PKL) merupakan salah satu bentuk implementasi secara sistematis dan sinkron antara program pendidikan di kampus dengan program penguasaan keahlian yang diperoleh melaului kegiatan kerja secara langsung di dunia kerja untuk mencapai tingkat keahlian tertentu. Pada saat calon jemaah haji dan umrah ingin mendapatkan infromasi tentang haji ataupun umrah itu masih secara ofline langsung kekantor pusat pelayanan informasi  itupun kebanyakan dari luar kota maka dari itu penulis merancang sebuah aplikasi infromasi haji dan umrah agar lebih mempermudah calon jamaah untuk bisa langsung melihat informasi haji  umrah di aplikasi tersebut dan tidak jauh-jauh harus langsung ke kantor pusat . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Wartefall, Metode waterfall adalah konsep pengembangan yang menekankan pada langkah sistematis. Sehingga, proses penciptaan sebuah sistem harus dilakukan secara berurutan, mulai dari tahapan identifikasi kebutuhan sampai ke proses perawatan.. Terdapat empat tahapan dalam Waterfall yaitu, Requiment analysis, desain, consturction dan Deployment. Hasil dari penelitian ini adalah berupa perancangan design Aplikasi pusat pelayanan haji dan umrah berbasis Andorid Untuk mengastasi permasalahan calon jamaah haji agar tidak jauh-jauh datang langsung di kantor pusat kota palembang.

Published

2024-01-08

Issue

Section

Articles