Modifikasi Cara Bermain Board Game Puzzle sebagai Media Edukasi IPA Flora bagi Siswa SDIT MTA Juwiring
Keywords:
Educational Game, Interactive Learning, Curriculum IntegrationAbstract
Penelitian ini mengeksplorasi pengembangan dan penerapan permainan papan puzzle yang dimodifikasi sebagai alat edukasi untuk mengajarkan flora kepada siswa sekolah dasar. Menggunakan model ADDIE untuk desain instruksional, permainan ini dikembangkan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep biologi tanaman seperti anatomi tanaman, bunga, biji dan buah, serta siklus hidup tanaman. Permainan ini melibatkan dua tim yang bersaing untuk menjawab pertanyaan terkait kurikulum sambil mengungkap kepingan puzzle yang tersembunyi di kotak bernomor. Efektivitas permainan dievaluasi berdasarkan keterlibatan dan pemahaman siswa, dengan hasil menunjukkan tingkat kepuasan dan hasil pembelajaran yang tinggi. Pengembangan selanjutnya dapat difokuskan pada pengayaan konten, peningkatan kinerja digital, dan pengujian yang lebih luas untuk menilai dampak jangka panjang pada pembelajaran. Penelitian ini memberikan kontribusi pada bidang desain game edukasi dengan menunjukkan bagaimana pembelajaran berbasis game dapat diintegrasikan secara efektif ke dalam kurikulum.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Amikom Surakarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.