Implementasi Permainan Board Game Ular Tangga Untuk Meningkatan kemampuanLiterasi Dan Numerasi Melalui Program Kampus Mengajar di SDN Sukoharjo 04
Keywords:
board game, ular tangga, literasi, numerasi, Program Kampus Mengajar, pendidikan dasar.Abstract
Fondasi terpenting adalah pendidikan yang membuat pengembangan dan keterampilan dasar bagi setiap individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektifitas penggunaan boardgame ular tangga untuk memberikan cara agar kemampuan literasi dan numerasi siswa SDN Sukoharjo 04 bisa meningkat. Tahapan penelitian ini sendiri memnfaatkan metode pengembangan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penerapan hasil boardgame ular tangga ini menunjukan hasil post-test bahwa berhasil meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi dengan presentase hasil numerasi 80% dan presentase hasil litersi 84% selain itu, banyak siswa yang termotivasi dan antusias dalam mengikuti pemainan ular tangga. Penelitian ini menunjukan hasil yang signifikan sehingga terbukti bisa mengatasi tantangan dalam pembelajaran klasik, dari program kampus mengajar ini di harapkan metode pembelajaran interaktif bisa di kombinasikan dengan metode pengajaran dalam kurikulum merdeka belajar yang saat ini di gunakan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Amikom Surakarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.