Studi Penggunaan Generative AI pada Mahasiswa Baru dengan Metode UTAUT : Studi Kasus di Perguruan Tinggi
Keywords:
Artificial Intelligence, Generative AI, UTAUT, Teknologi PendidikanAbstract
Beberapa tahun terakhir, perkembangan aplikasi-aplikasi generative AI sangat pesat. Berbagai aplikasi ditawarkan di berbagai situs. Awalnya aplikasi ini ditujukan untuk membantu dalam meningkatkan produktivitas dalam berbagai kegiatan. Namun pada praktiknya ada kecenderungan ketergantungan dalam penggunaannya terutama pada pengguna usia sekolah yang mempergunakan aplikasi ini secara berlebihan. Penelitian ini bertujuan untuk memahami kecenderungan penggunaan aplikasi generative AI di kalangan mahasiswa baru sebelum dan setelah mengikuti pelatihan terkait AI. Dengan menggunakan metode Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT), penelitian ini mengevaluasi persepsi mahasiswa terhadap 4 variabel yakni performance expectancy, effort expectancy, social influence, dan facilitating conditions dari Generative AI dalam lingkungan akademik. Temuan penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa merasa terbantu dalam produktivitas belajar, peningkatan pemahaman materi, dan kreativitas. Namun, ada tantangan terkait ketergantungan pada infrastruktur digital serta potensi terbentuknya kepercayaan diri semu akibat ketidakakuratan hasil generative AI. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dengan skala Likert. Kesimpulan ini mengarahkan perlunya pelatihan yang lebih dalam untuk memaksimalkan pemanfaatan AI, disertai kewaspadaan terhadap bias data yang mungkin mempengaruhi hasil akademik. Penelitian ini dapat memberikan masukan yang berharga bagi pendidik dalam merancang program pembelajaran yang terintegrasi dengan AI.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Amikom Surakarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.