ANALISIS KUALITAS WEBSITE PPID UIN RADEN FATAH PALEMBANG DENGAN METODE WEBQUAL 4.0

Authors

  • Ocka Romeo UIN Raden Fatah

Keywords:

Kualitas Website, Mahasiswa, Webqual 4.0

Abstract

Pengembangan layanan pendidikan melalui platform website PPID (Pejabat Pengelola Informasi Dokumentasi) saat ini menjadi aspek yang sangat penting untuk mendukung kegiatan pembelajaran di lingkungan Universitas. Pembuatan website PPID universitas memiliki tujuan utama, yaitu memberikan kemudahan akses kepada pegawai dan mahasiswa. Oleh karena itu, evaluasi efektivitas website perlu dilakukan guna mengevaluasi sejauh mana tingkat kepuasan pengguna terhadap platform PPID Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis dan identifikasi tingkat kepuasan pengguna menggunakan metode Webqual 4.0. Pendekatan Webqual digunakan sebagai alat pengukuran kualitas website berdasarkan pandangan pengguna akhir. Variabel yang dievaluasi melibatkan kegunaan (usability), kualitas informasi (information), interaksi layanan (interaction service), dan kepuasan pengguna (user satisfaction). Kuesioner yang terdiri dari 23 pertanyaan digunakan dalam penelitian ini, dengan pembagian dalam empat dimensi sesuai variabel Webqual 4.0. Hasil pengumpulan dan analisis data menunjukkan bahwa keempat variabel Webqual, yakni kegunaan, kualitas informasi, interaksi layanan, dan kepuasan pengguna pada website PPID Universitas Islam Negeri Raden Fatah, dapat dianggap memiliki tingkat yang cukup tinggi. Tingkat kepuasan pengguna dapat dikategorikan sebagai baik

Published

2024-01-08

Issue

Section

Articles