Desain Dan Implementasi Aplikasi Boardgame Edukatif Ular Tangga Berbasis Digital Untuk Anak Sekolah Dasar

Authors

  • muzaki syifauz sain arrifki STMIK AMIKOM SURAKARTA
  • Rycho Febrain N P STMIK Amikom Surakarta
  • Peniel Manurung STMIK Amikom Surakarta
  • Muhammad Setiyawan STMIK Amikom Surakarta

Keywords:

Board Game edukatif, Ular Tangga, gamifikasi, Pembelajaran Interaktif, anak sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi “Ular Tangga Edukatif” sebagai media pembelajaran interaktif untuk siswa sekolah dasar. Board Game ini menggabungkan permainan tradisional ular tangga dengan soal-soal pengetahuan tentang Negara-negara  ASEAN. Proses perancangan dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu analisis kebutuhan, desain permainan, implementasi, dan evaluasi. Tahap analisis kebutuhan melibatkan observasi di Sekolah Dasar Singopuran 03 Kartasura serta wawancara dengan guru dan siswa untuk memahami kebutuhan mereka terhadap metode pembelajaran yang menarik dan efektif. Kemudian, desain permainan dikembangkan berdasarkan hasli analisis, dengan membuat prototype awal yang diuji coba pada sekelompok siswa untuk mendapatkan masukan. Pada tahap implementasi, Board Game ini digunakan dalam kegiatan belajar siswa. Tahap terakhir, evaluasi, melibatkan observasi dan kuesioner untuk mengukur efektivitas permainan ini dalam meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa Board Game ini mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran dan membuat siswa lebih terlibat dalam proses belajar. “Ular Tangga Edukatif” dapat menjadi alat pembelajaran yang efektif dan menyenangkan di tingkat sekolah dasar.

Published

2024-12-16