MODIFIKASI DESAIN ANTARMUKA BOARD GAME ULAR TANGGA SEBAGAI MEDIA EDUKASI IPA FLORA DAN FAUNA BAGI SISWA SD NEGERI BEGALON 1

Authors

  • Mario STMIK Amikom Surakarta
  • Fikri Abdurrahman Al-Anshari STMIK Amikom Surakarta
  • Kharisma Vidya Prakusa STMIK Amikom Surakarta
  • Muhammad Setiyawan STMIK Amikom Surakarta

Keywords:

Game Edukasi, Digital, Ular Tangga, Fauna, Flora, Keanekaragaman Hayati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah game edukasi yang menggabungkan konsep ular tangga dengan materi fauna dan flora guna meningkatkan daya tarik pembelajaran dan pengetahuan anak-anak tentang keanekaragaman hayati. Proses pengembangan dilakukan melalui tahap analisis, desain, implementasi, dan evaluasi. Metode penelitian yang digunakan meliputi survei, observasi, dan pengumpulan data. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah game interaktif yang menarik dan mendidik, yang berhasil meningkatkan minat anak-anak terhadap materi fauna dan flora secara menyenangkan. Selain itu adaptasi ke versi digital membuka peluang ekspansi dan alternatif pembelajaran yang lebih luas. Dengan menggunakan kombinasi elemen permainan dan informasi yang berkualitas, game ini membantu meningkatkan pemahaman tentang keberagaman hayati.

Published

2024-01-08

Issue

Section

Articles