PENGEMBANGAN BOARDGAME INTERAKTIF "CAHAYA IMAN" UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN ANAK

Authors

  • Muhammad Naufal Hibatullah STMIK Amikom Surakarta
  • Gilang Danu Prakoso STMIK Amikom Surakarta
  • Satrio Wibowo STMIK Amikom Surakarta
  • Muhammad Setiyawan STMIK Amikom Surakarta

Keywords:

Board Game, Pendidikan Agama Islam, Pembentukan Karakter Moral, Anak-Anak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji efektivitas Boardgame “Cahaya Iman” sebagai media pembelajaran agama Islam dan pembentukan karakter moral pada anak-anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development) dengan empat tahapan: observasi, pengembangan produk, uji coba produk, dan evaluasi produk. Subjek penelitian ini adalah siswa TPQ Masjid Al-Karim sebanyak kurang lebih 30 orang. Data yang dikumpulkan adalah data kualitatif berupa tingkat pemahaman siswa terhadap Boardgame “Cahaya Iman” dan data  jawaban siswa terhadap pertanyaan-pertanyaan yang ada dalam Boardgame “Cahaya Iman”. Data yang dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Boardgame “Cahaya Iman” efektif dalam meningkatkan pemahaman agama Islam dan pembentukan karakter moral pada anak-anak. Boardgame “Cahaya Iman” dapat dijadikan sebagai alternatif media pembelajaran yang menyenangkan, interaktif, dan kolaboratif dalam pendidikan agama Islam dan pembentukan karakter moral pada anak-anak.

Published

2024-01-06

Issue

Section

Articles