OPTIMASI STRATEGI PEMBELAJARAN MAHASISWA UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMILIHAN METODE BELAJAR MELALUI PENDEKATAN J48 TREE
Kata Kunci:
J48 Tree, Pohon Keputusan, Data Mining, Optimasi PembelajaranAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan strategi belajar siswa dengan fokus pada peningkatan efektivitas pemilihan metode pembelajaran. Metode klasifikasi J48 Tree dalam data mining digunakan untuk menganalisis hubungan partisipasi diskusi mahasiswa, semester, dan penilaian pembelajaran. Hasil analisis disajikan dalam bentuk pohon keputusan, memberikan pedoman dalam menentukan metode pembelajaran yang paling efektif berdasarkan karakteristik siswa dan situasi tertentu selama semester. Penelitian ini memberikan informasi penting bagi lembaga pendidikan untuk mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih adaptif dan sesuai dengan kebutuhan individu siswa, menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih personal, lebih efektif dan lebih memenuhi kebutuhan belajar siswa di era yang terus berkembang. untuk berubah, sehingga meningkatkan tingkat prestasi akademik dan mempersiapkan siswa untuk sukses di dunia nyata.