Rancang Bangun Aplikasi Penjemputan Barang Bekas Berbasis Android
Kata Kunci:
aplikasi penjemputan, daur ulang, ekonomi sirkular, kesadaran lingkunganAbstrak
Peningkatan kesadaran global terhadap isu lingkungan mendorong perlunya solusi inovatif untuk pengelolaan barang bekas yang sering dianggap sebagai sampah. Tumpukan barang bekas yang tidak dimanfaatkan tidak hanya memperberat beban landfill, tetapi juga mengabaikan potensi nilai guna barang tersebut jika dikelola dengan tepat. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan prototipe aplikasi penjemputan barang bekas berbasis Android yang dilengkapi dengan sistem insentif berbasis koin untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mendaur ulang barang bekas. Aplikasi ini dirancang agar pengguna dapat memesan layanan penjemputan barang, memilih lokasi, dan menukar koin yang diperoleh dengan berbagai reward. Dalam pengembangannya, penelitian menggunakan metodologi Scrum yang mencerminkan pendekatan kolaboratif dan iteratif untuk mengelola tim yang terdiri dari Project Manager, Scrum Master, Programmer, dan Designer. Studi ini berfokus pada perancangan fitur utama, seperti layanan penjemputan barang bekas, dompet digital, dan fitur event lingkungan. Penelitian telah menyelesaikan tahap perancangan dan pengujian awal prototipe, yang menunjukkan potensi aplikasi dalam meningkatkan efisiensi pengelolaan barang bekas dan mendukung ekonomi sirkular. Namun, karena penelitian ini belum sampai pada tahap implementasi di lingkungan nyata, evaluasi dampak aplikasinya terhadap masyarakat dan lingkungan masih memerlukan kajian lebih lanjut.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Amikom Surakarta
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.