PERANCANGAN USER EXPERIENCE APLIKASI MOBILE MARBELIN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANAK-ANAK MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING
Kata Kunci:
Aplikasi Marbelin, Anak-Anak, PembelajaranAbstrak
Kemajuan teknologi melahirkan inovasi diberbagai bidang termasuk bidang pendidikan. Salah satu media pembelajaran dengan memanfaatkan perkembangan teknologi dibidang pendidikan adalah media pembelajaran berbasis mobile learning. Pembelajaran yang menggunakan mobile learning menjadikan pembelajaran dapat menjadi menyenangkan dan tidak mudah bosan sehingga aak-anak ataupun siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan cara mengasyikkan. Berdasarkan permasalahan tersebut penulis mempunyai solusi dengan merancang desain UX dari aplikasi berbasis mobile bernama Marbelin dimana merupakan sebuah singkatan dari Mari Belajar dan Bermain yang menghasilkan interaksi prototype. Dari rancangan yang dihasilkan, akan menjadi dasar pembangunan aplikasi sebagai media pembelajaran anak-anak yang seru dan juga menyenangkan. Proses perancangan pembuatan aplikasi Marbelin ini menggunakan metode design thinking dimana mempunyai lima tahapan yaitu emphatize, define, ideate, prototype dan test. Aplikasi dikembangkan menggunakan metode pengembangan prototyping dengan bahasa pemrograman java berbasis android menggunakan IDE Android Studio. . Pada pengujian usability diukur dengan menggunakan metric SEQ (Single Ease Question) dan Think Aloud dengan melibatkan 10 guru PG dan TK serta SD dan 11 pertanyaan.Berdasarkan hasil pengujian didapatkan 6,4 yang dimana aplikasi Marbelin dapat memberikan kemudahan terhadap ana-anak ataupun siswa untuk belajar dan mengikuti pembelajaran dengan asyik dan menyenangkan.