Implementasi AR dalam Quiz Interaktif Pengenalan Hewan Berdasarkan Makanannya untuk Anak Sekolah Dasar Kelas IV

Penulis

  • Lilis Kartika Muhamad Karo Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Alya Shira Adelita Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Dwi Ratnawati Universitas Teknologi Yogyakarta

Kata Kunci:

augmanted reality, pengelompokan hewan, MDLC, media pembelajaran

Abstrak

Di Indonesia sendiri masih banyak tenaga pendidik yang menggunakan bentuk evaluasi dengan metode konveksional atau dibacakan soal kemudian ditulis dan dijawab oleh peserta didik melalui media kertas. Salah satunya adalah materi pengelompokkan hewan berdasarkan makanannya. Tujuan dalam penelitian ini adalah membuat media pembelajaran Implementasi AR Dalam Quiz Interaktif Pengenalan Hewan Berdasarkan Makanannya untuk Anak Sekolah Dasar Kelas IV agar terciptanya proses pembelajaran yang menyengkan dan tidak membosankan untuk siswa. Proses pengerjaan media pembelajaran menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Dalam penelitian ini prosedur yang diterapkan dalam ujian media ini meliputi pengujian pakar media, berdasarkan aspek dan kriteria penilaian ahli media yang mendapatkan hasil presentase sebesar 89.41% dengan kriteria sangat baik, penilaian oleh pakar materi dengan hasil presentase 87.14% berarti materi dalam media pembelajaran sudah sangat baik, dan hasil pengujian kepada siswa atau pengguna sebanyak 8 orang mendapatkan hasil 79,83% dengan kategori baik, sehingga media pembelajaran AR Dalam Quiz Interaktif Pengenalan Hewan Berdasarkan Makanannya untuk Anak Sekolah Dasar Kelas IV ini telah dianggap sangat baik, menarik untuk dan mudah untuk diterapkan sebagai media pembelajaran.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-16