Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Huruf Hijaiyah Berbasis Multimedia

Penulis

  • Dilla Apriliyanti
  • Afnan Rosyidi
  • Siti Rihastuti STMIK Amikom Surakarta

Kata Kunci:

Pembelajaran Al-Qur'an, Media Pembelajaran Interaktif, Huruf Hijaiyah, Multimedia

Abstrak

Pembelajaran membaca Al-Qur'an merupakan komponen penting dalam pendidikan Islam yang dimulai dengan pengenalan huruf hijaiyah. Saat ini, pembelajaran pengenalan huruf hijaiyah di Taman Kanak-Kanak Bustanul Athfal Aisyiyah Jagoan Boyolali masih menggunakan metode konvensional, yaitu dengan menggunakan buku Iqra’. Meskipun metode ini terbukti efektif, sering kali kurang mampu menarik perhatian dan minat anak-anak yang cenderung merasa bosan. Untuk mengatasi masalah ini, dikembangkan aplikasi media pembelajaran interaktif berbasis multimedia yang dirancang khusus untuk pengenalan huruf hijaiyah. Aplikasi ini memanfaatkan komponen multimedia seperti teks, gambar, audio, video, dan animasi interaktif untuk menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan dan menarik bagi anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran huruf hijaiyah di Taman Kanak-Kanak Bustanul Athfal Aisyiyah Jagoan Boyolali melalui penerapan teknologi multimedia yang inovatif

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-16