Implementasi Kecerdasan Buatan untuk Personalisasi Pembelajaran di Perguruan Tinggi
Kata Kunci:
Dampak positif, Kecerdasan Buatan (AI), Kinerja akademik, Metode campuran, Pembelajaran adaptif, Perguruan tinggiAbstrak
Implementasi Kecerdasan Buatan (AI) pada perguruan tinggi saat ini telah menunjukkan potensi yang signifikan dalam mempersonalisasikan pengalaman belajar mahasiswa. Penelitian ini mengeksplorasi penerapan teknologi AI, termasuk pembelajaran mesin dan pemrosesan bahasa alami, untuk menciptakan sistem pembelajaran adaptif bagi mahasiswa di perguruan tinggi. Studi penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang keefektivitasan personalisasi pembelajaran berbasis AI dalam meningkatkan keterlibatan mahasiswa, kinerja akademik, dan hasil belajar secara keseluruhan. Hasil dan pembahasan memberikan pemahaman kepada pembaca tentang potensi penerapan AI dalam personalisasi pembelajaran di perguruan tinggi melalui pendekatan metode campuran, yang melibatkan analisis kuantitatif data mahasiswa dan penilaian kualitatif pengalaman para pengguna, penelitian mendemonstrasikan dampak positif pembelajaran personal berbasis AI di perguruan tinggi. Dengan demikian, temuan menunjukkan bahwa AI dapat secara efektif menyesuaikan konten, kecepatan, dan metode pendidikan dengan kebutuhan individual mahasiswa, yang mengarah pada peningkatan pengalaman belajar dan hasil akademik.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Amikom Surakarta
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.