Perancangan UI/UX Aplikasi Penjualan Alat Tulis pada Toko Sumbaga
Kata Kunci:
Design thinking, Prototype, UI/UXAbstrak
Penelitian ini bertujuan merancang UI/UX untuk aplikasi penjualan alat tulis dengan menggunakan metode design thinking. Pendekatan ini terdiri dari lima tahapan, yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan test, yang bertujuan untuk mewujudkan pengalaman pengguna yang maksimal. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah kesulitan yang dialami oleh pelanggan, khususnya siswa sekolah, dalam membeli alat tulis akibat ketiadaan platform yang mudah digunakan. Penelitian ini dilakukan untuk menciptakan aplikasi yang memberikan solusi berupa platform yang sederhana, sehingga mampu mempermudah proses pembelian sekligus meningkatkan kepuasan pelanggan dalam berbelanja. Pada tahap empathize, observasi dan wawancara dilakukan untuk memahami kebutuhan pengguna, yang mengungkapkan bahwa pelangga memerlukan navigasi yang simpel, akses cepat ke produk, dan proses pembayaran yang praktis. Setelah melakukan anlisis masalah pengguna, pengembangan konsep desain dilakukan pada tahap ideate, kemudian dilanjutkan dengan pembuatan prototype. Uji coba dilakukan menggunakan metode Unmoderated Remoted Usability untuk mengevaluasi efektifitas dan kegunaan aplikasi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sebagian besar fitur utama aplikasi berfungsi dengan baik, meskipun terdapat beberapa kendala pada fitur pencarian dan chat. Secara keseluruhan, perancangan UI/UX ini berhasil dallam memenuhi kebutuhan pengguna dengan menyediakan antar muka yang intuitif dan efektif.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Amikom Surakarta
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.