Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Design Thinking

Mathematics Learning Innovation through Interactive Multimedia Based on the Snakes and Ladders Game using the Design Thinking Method

Penulis

  • Az-Zahra Nur Agni Nabilah STMIK Amikom Surakarta
  • Farra Zahratul Milla STMIK Amikom Surakarta

Kata Kunci:

Design Thinking, multimedia interaktif, Pembelajaran Matematika, Ular Tangga, pengujian kegunaan

Abstrak

Pengembangan multimedia interaktif dalam pembelajaran matematika sangat penting untuk mengatasi kurangnya keterlibatan siswa dan kesulitan siswa dalam memahami konsep abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan multimedia interaktif berbasis game edukatif ular tangga untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa terutama dalam materi pecahan. Dengan menggunakan metode Design Thinking, penlitian ini dilalui dengan lima tahap: empati, definisi, ideasi, prototipe, dan pengujian. Prototipe dikembangkan menggunakan aplikasi Figma untuk menciptakan antarmuka yang intuitif. Fitur yang disediakan meluputi kuis setiap langkah, umpan balik terhadap jawaban siswa, dan sistem penilaian untuk mengukur pemahaman siswa. Hasil pengujian menggunakan sistem System Usability Scale (SUS) dengan 16 partisipan menunjukkan skor 75,yang menunjukkan desain sudah efekti. Guru dan siswa memberikan tanggapan positif, adanya peningkatan keterlibatan dan pemahaman terhadap konsep pecahan. Multimedia Interaktif ini berhasil menggabungkan elemen hiburan dan Pendidikan, menawarkan model yang dapat diterapkan ke mata pelajaran yang lain.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-16