Pengembangan Media Pembelajaran Pengenalan Golongan Hewan Berdasarkan Makanannya Berbasis Multimedia Interaktif
Kata Kunci:
Pembelajaran Interaktif, Pengenalan Golongan Hewan, Multimedia, DDD-EAbstrak
Dalam era digital menjaga keterlibatan dan motivasi anak sekolah dasar dalam pembelajaran menjadi tantangan, terutama dengan keterbatasan media pembelajaran tradisional yang kurang menarik. Media pembelajaran interaktif adalah solusi media alternatif untuk mengatasi masalah ini. Terdapat beragam cara atau metode yang dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran interaktif adalah metode Research and Development (R&D) dengan model DDD-E yang dimulai dari tahapan decide, design, develope, dan evaluate. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat media pembelajaran berbasis multimedia interaktif untuk pengenalan golongan hewan berdasarkan makanannya yang menyenangkan dan mudah diakses bagi anak sekolah dasar. Hasil proses pembuatan media pembelajaran pengenalan golongan hewan berdasarkan makanannya berbasis multimedia interaktif telah berhasil dilakukan yang mencakup menu utama, materi pembelajaran, video pembelajaran, serta dilengkapi dengan quiz dan tebak kata. Dari hasil pengujian mulai dari tombol untuk menghubungkan menu dan aksi telah berhasil dilakukan, serta hasil pengujiannya menunjukkan hasil yang sesuai.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Amikom Surakarta
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.